Promo gratis ongkir untuk wilayah Jakarta, terbatas!

Kerudung Anak : Perhatikan Bahan Kerudung Anak

Trend fashion pada zaman sekarang ini semakin berkembang. Termasuk juga trend kerudung anak. Ada banyak sekali model dan warna kerudung yang bisa dipilih menyesuaikan dengan selera. Bahkan tidak hanya kerudung polos saja yang kini ada dipasaran. Ada beragam motif kerudung yang lucu dan menarik.

Beragam warna, motif dan model yang dikeluarkan oleh produsen tidak lain adalah untuk menarik minat anak-anak. Jika warna, motif dan model kerudung yang dikenakan oleh anak-anak digemari tentu akan membuat mereka mau mengenakan kerudung tanpa harus dipaksa. Namun, pastikan juga untuk memperhatikan tingkat kenyamanannya.

Jangan sampai hanya karena lucu dan menarik Anda tetap memakaikan kerudung tersebut pada anak padahal anak merasa tidak nyaman ketika mengenakannya.

Gamis Nusaibah dan Jilbab Syaima Series Pink Fanta YELLOW ORANGE

Pentingnya Anak Memakai Kerudung Anak

Berikut akan ada penjelasan mengenai pentingnya memakai kerudung untuk anak, tips memilih kerudung yang nyaman untuk anak dan jenis-jenis bahan kerudung anak.

Para orang tua merasa kesulitan untuk mendidik anak perempuannya mengenakan kerudung karena mayoritas anak-anak tidak suka memakai kerudung dengan alasan merasa tidak nyaman atau gerah. Padahal sebenarnya hal tersebut bisa diatasi jika Anda benar-benar cermat dan teliti pada saat memilih kerudung yang akan dipakai oleh anak.

Hukum memakai kerudung untuk anak-anak yang belum memasuki masa baligh memang tidak wajib. Namun, tidak ada salahnya jika Anda sebagai orang tua mulai untuk mengajarkan anak agar mengenakan jilbab sejak dini. Tujuannya adalah anak menjadi terbiasa untuk menutup aurat dan menggunakan pakaian yang sopan hingga kelak ia beranjak dewasa.

Hal tersebutlah yang membuat memakai kerudung untuk anak sangat penting. Berikan juga pemahaman kepada anak mengenai pentingnya mengenakan kerudung bagi seorang perempuan muslim. Pembiasaan ini akan berdampak pada kelak anak menjadi tidak perlu dipaksa untuk mengenakan kerudung ketika masa balighnya tiba.

Bisa Anda bandingkan menyuruh anak untuk memakai kerudung ketika ia sudah beranjak dewasa dengan pada saat ia sudah terbiasa mengenakan kerudung sejak kecil. Tentu akan lebih susah menyuruh anak mengenakan kerudung saat ia sudah beranjak dewasa. Maka dari itulah mengajarkan anak agar mengenakan kerudung sejak kecil sangat diperlukan.

Tips Memilih Kerudung Anak Yang Nyaman.

Semua orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya termasuk juga ketika memilih pakaian maupun kerudung anak. Beberapa orang tua masih merasa kesulitan dan bingung pada saat memilih kerudung untuk anak yang nyaman supaya anak betah mengenakannya.

Baik itu memakai ketika akan bepergian pada acara tertentu maupun untuk melatih anak agar terbiasa mengenakan kerudung sejak kecil. Berikut ada beberapa tips memilih kerudung yang nyaman untuk anak dan bisa coba Anda terapkan, diantaranya yaitu:

• Kerudung Menutup Aurat

Agama Islam mengajarkan para wanita muslim untuk mengenakan kerudung supaya menutup aurat. Penggunaan kerudung yang benar dan sesuai dengan syariat Islam yaitu mampunyai ciri-ciri panjang serta menutupi bagian dada. Ketentuan serta syarat-syarat mengenakan kerudung untuk anak juga sama.

Dengan penerapan tersebut anak nantinya akan lebih memahami dan mengerti bagaimanakah mengenakan jenis kerudung yang benar dan sesuai syariat Islam. Jadi, Anda tidak tidak hanya memerintahkan anak untuk mengenakan kerudung saja. Namun, anak juga harus mengerti dan memahami apakah arti sebenarnya dari pemakaian kerudung itu sendiri.

• Tidak Menggunakan Jarum

Sebaiknya hindari pemakaian jarum pada kerudung yang dipakai oleh anak. Hal ini karena jarum yang ada pada kerudung anak bisa melukainya mengingat mereka masih aktif dalam bergerak. Pilihlah saja model kerudung instan yang sesuai dengan ukuran wajahnya agar tidak perlu memakai jarum peniti.

Jarum tersebut bisa membuat kulit anak menjadi terasa gatal terlebih jika kulitnya termasuk kulit sensitif. Pilih saja kerudung yang sederhana dan simpel. Jika bisa hindari pemilihan yang tanpa peniti. Sebab tidak menutup kemungkinan bahwa jarum yang dipakai bisa melukainya. Belum lagi nanti jarum yang digunakan berkarat yang bisa menimbulkan masalah iritasi.

• Kerudung Instan

Ada banyak sekali model kerudung yang bisa dipakai oleh anak. Untuk anak, Anda bisa memilih kerudung yang berjenis instan. Jadi tidak perlu ribet untuk mengkreasikannya terutama jika mereka aktif dalam bergerak. Kerudung jenis instan akan lebih membuat anak menjadi merasa nyaman pada saat bermain.

Hal ini karena kerudung instan mudah dipakai dan tidak merepotkan. Model dari kerudung instan untuk anak beragam seperti misalnya mempunyai detail bordir atau turban. Pilihlah kerudung yang paling nyaman dipakai oleh anak. Pemakaian kerudung untuk anak-anak sebaiknya menghindari kerudung yang merepotkan dan terlalu ribet.

Apalagi jika Anda harus mengenakan peniti atau jarum pentul untuk merekatkannya. Hal ini akan membahayakan anak bahkan bisa melukai jika tidak berhati-hati di dalam penggunaannya. Selain itu model dari kerudung yang terlalu ribet dan juga sulit dipakai akan membuat anak menjadi merasa tidak nyaman pada saat memakainya dalam jangka waktu yang cukup lama.

• Memberikan Pilihan Warna yang Cerah

Pilihlah kerudung untuk anak dengan nuansa yang cerah atau motif warna-warni pada saat akan menghadiri suatu acara. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa warna busana akan mempengaruhi perasaan anak tersebut. Warna yang cerah bisa membuat si kecil menjadi merasa lebih bahagia dan semakin bersemangat.

Kerudung juga perlu disesuaikan, jadi tidak hanya pakaian saja. Berikan anak kesempatan untuk memilih kerudung yang mereka sukai. Hal ini dilakukan untuk melatihnya juga agar terbiasa memilih sejak dini. Biarkan anak menentukan pilihan warna yang disukainya. Mayoritas anak-anak juga cenderung gemar atau senang dengan sesuatu yang berwarna cerah.

• Memilih Karakter Kesukaan Anak

Salah satu cara untuk mempermudah Anda di dalam mengajari anak mengenakan kerudung yaitu memberikan kerudung yang sesuai dengan kesukaan anak. Pilihkan kerudung yang memiliki karakter maupun motif kesukaan anak. Jadi, tanpa disuruh nantinya anak akan mau mengenakan kerudung pilihannya sendiri tanpa adanya paksaan. Akan sangat menyulitkan jika memaksa anak untuk memakai kerudung padahal ia tidak mau mengenakannya.

• Memilih Bahan yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Hal terpenting di dalam memilih kerudung adalah pilihlah bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Ada banyak sekali jenis bahan pembuatan kerudung. Jangan memilihkan bahan kerudung untuk anak yang mudah membuatnya merasa gerah. Sebab hal tersebut bisa membuatnya merasa tidak nyaman untuk mengenakan jilbab dengan jangka waktu yang cukup lama.

Apalagi jika anak mudah berkeringat karena aktif bergerak. Salah satu bahan kerudung yang mudah menyerap keringat yaitu bahan katun. Sebaiknya untuk kerudung yang akan dipakai oleh anak carilah jenis bahan yang memiliki kandungan 100% katun atau rayon. Jangan sampai salah di dalam memilih bahan kerudung. Karena pemilihan bahan yang salah bisa membuat anak malah tidak mau mengenakannya.

Pilihlah jenis bahan yang tepat apalagi jika anak Anda mengalami alergi pada jenis bahan kain tertentu. Pahami terlebih dahulu keadaan kulit anak sebelum membelikannya kerudung. Hindari juga kerudung dengan bahan polyester untuk anak. Sebab biasanya bahan tersebut membuat anak yang berkulit sensitif menjadi gatal.

Jenis-jenis Bahan Kerudung Anak.

Mayoritas kaum muslimah tentunya sudah tidak asing lagi dengan kerudung atau yang sekarang ini lebih modern bisa disebut dengan istilah hijab. Agama Islam mewajibkan para wanita untuk untuk memakai kerudung sebagai penutup aurat mereka. Kerudung mempunyai banyak sekali model dan jenis bahannya.

Akan lebih baik jika Anda mengenali berbagai jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk pembuatan kerudung. Apalagi jika kerudung tersebut nantinya akan dipakai oleh si kecil. Jangan sampai karena kurang memahaminya Anda mengenai bahan jenis kerudung akhirnya salah pada saat membeli.

Ketika memilih kerudung untuk anak jangan hanya melihat motif, warna atau modelnya saja. Namun, perhatikan juga jenis bahan yang cocok dipakai oleh anak terutama bagi anak yang masih aktif bermain. Pilihlah kerudung anak dengan bahan yang mudah menyerap keringat bagi anak yang aktif bergerak supaya ia tetap nyaman memakainya.

Ada beberapa jenis-jenis bahan kerudung untuk anak yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua sebelum memilihkan kerudung yang nyaman dan tepat, diantaranya yaitu:

• Bahan Sifon

Jenis bahan sifon ini meskipun panas ketika dipakai namun memiliki kelebihan yaitu tidak mudah kusut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kerudung yang dipakai anak menjadi gampang kusut.

• Bahan Kaos

Kerudung dengan jenis bahan kaos nyaman dan dingin ketika dikenakan. Selain itu juga cepat menyerap panas, namun mempunyai kekurangan yaitu mudah melar. Jadi, jika terlalu sering digunakan lama kelamaan akan menjadi melar.

• Bahan Ceruti

Bahan ceruti mempunyai sifat dasar kain yang elastis. Selain itu juga tidak terasa berat ketika dipakai. Akan sangat membuat tidak nyaman jika kerudung yang dipakai oleh anak terasa berat. Apalagi jika anak masih kecil.

• Bahan Jersey

Bahan jersey mempunyai ciri khas yaitu memiliki tekstur bahan yang tebal, tidak transparan dan seratnya halus. Kerudung dengan bahan jersey juga jatuh ketika dipakai. Selain itu nyaman dan adem jika dipakai untuk kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

• Bahan Katun

Bahan katun mempunyai tekstur bahan yang bisa dengan mudah menyerap keringat. Selain itu bahan katun juga dingin saat dikenakan. Mengenai masalah perawatan kerudung dengan bahan jenis kantun sangat gampang. Bahan jenis katun tidak mudah kusut, tidak berbulu dan tidak mudah luntur.

Jadi, bisa dikatakan bahwa bahan jenis katun merupakan salah satu jenis bahan kerudung yang cukup baik dijadikan pilihan. Bahan jenis katun juga banyak dipilih untuk dipakai karena kemudahannya di dalam menyerap keringat.

• Bahan Spandex

Bahan spandex hampir sama dengan bahan jenis kaos. Aspek yang membedakannya adalah bahan spandex cenderung lebih tipis dan memiliki corak yang mengkilap. Bahan in juga banyak dipakai untuk pembuatan kerudung.
Itulah penjelasan mengenai pentingnya memakai kerudung untuk anak, tips memilih kerudung yang nyaman untuk anak dan jenis-jenis bahan kerudung untuk anak. Nah, bagi Anda yang sedang mencari kerudung anak berharga terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus, pesan atau datang saja ke toko kami. Kami menyediakan berbagai macam model, warna dan motif kerudung untuk anak yang menarik. Jadi tunggu apa lagi, buruan pesan kerudung untuk si kecil di toko kami.